Wartawan Karyamu Kini

Disela sesaknya deadline

Setahun Belajar Ilmu Sedekah

Posted by Jay pada Maret 20, 2012

ULTAH SEDERHANA : 1 Tahun Cheryl Putri Zain merayakan ultah bersama Papi dan Mami di rumah, setelah sehari sebelumnya 18 Maret 2012 syukuran bersama santir-santri Ponpes darul Falah dan memberikan santunan.

SENIN19 Maret 2012 kemarin tepatnya pukul 04.00 WIB,  Cheryl Putri Zain, putri pertamaku  berusia satu tahun. Tidak terasa. Rasanya baru beberapa hari lalu bayi mungil itu lahir. Putri cantikku, kini sudah mulai bisa berjalan. Sudah punya enam gigi. Berat badan terakhir sekitar 9 Kg. Kini ia sudah mulai pandai merengek mencari perhatian. Terima kasih ya Allah, Engkau sudah mengutus seorang anak untuk penghibur hati kami, untuk  teman hari-hari kami.

ULTAH 1 TH CHERYL PUTRI ZAIN

ULTAH 1 TH CHERYL PUTRI ZAIN : Secara sederhana dilakukan dirumah Muara Bungo setelah sehari sebelumnya 18 Maret 2012 dirayakan bersama anak-anak santri Ponpes Darul Falah, dengan memberikan bantuan uang.

Tidak terasa setahun. Yah, blog inipun sudah setahun tidak terisi. Dari hari kehari saya merindukan blog ini untuk dapat mengisinya. Tapi ada saja kesibukan.  Yang membuat hobi saya ini terlewatkan. Yah.. sudah satu tahun blogku ngak terisi. Mudah-mudahan, kedepan aku bisa aktif lagi mengisi tulisan di blog tercintaku ini. Setidaknya sebulan dua kali.
Apa saja aktifitasku selama setahun ini ?. Bagaimana perkembangannya  ?.  Biasanya seluruh aktivitas ku catat di blog ini meski tidak secara keseluruhan. Blog ini adalah diare hidupku. Kelak catatan kecil di blog ini akan menjadi bacaanku dihari tua.

Untuk menguraikan aktivitasku selama setahun di tulisan kali ini rasanya tidak mungkin. Namun saya bisa menguraikan sedikit kesimpuan dan pokok-pokok aktivitas selama setahun dan perkembangannya.
Yang jelas selama setahun saya bisa punya rumah baru, punya usaha distribusi air miracle (70 % keuntungan perusahaan untuk pembibitan Penghafal Al Quran), punya usaha Ayam Goreng Darul Falah (50 % keuntungan saya untuk sedekah melalui LPS), punya usaha  distribusi pupuk sawit (50% keuntungan saya untuk panti asuhan).  Mau tau bagaimana semua itu terjadi ?. Ikuti tulisan saya, mudah-mudahan bisa menjadi bahan inspirasi bagi pembaca semua.
Bismillahirrohmanirrohim
Kira-kira sudah satu tahun sepuluh bulan saya dan istri Melly Susanti, AMKeb hijrah ke Bungo. Kami pindah ke Bungo karena alasan pindah tugas. Yah,  saya sebagai karyawan swasta di media cetak group Jawa Pos.  Diberi tugas untuk mengurus Koran di kabupaten Bungo tersebut. Cerita soal Koran yang saya kelola banyak ditulisan-tulisan saya sebelumnya. Istri saya pun akhirnya membutuskan untuk ikut ke Bungo, sebagai tenaga PNS titipan dari Kota Jambi.
Bulan pertama, kami ngontrak kamar sebagai tempat tinggal kami. Lokasinya persis disamping kantor di kawasan JL Rangkayo Hitam, Bungo Timur, Simpang Drum, Pasar Muara Bungo. Bulan kedua, kami memutuskan untuk mencari rumah bedeng yang sederhana.
Dua bulan di Bungo, saya ditawarkan tanah kosong oleh orang tua angkat. Lokasinya di pinggir lintas, kawasan Sungai Mengkuang, dekat Arbes, depan Graha Pena Bungo Pos.  Tawaran itu langsung saya sambut dengan gembira. Apalagi harganya sangat murah (jauh dari harga pasaran), dan pembayarannya bisa dicicil. Tidak begitu luas, hanya sekitar 240 meter persegi (6 m x 40 m). Meski kecil tapi saya sangat bersyukur, karena sudah bias memiliki asset dipinggir jalan utama. Alhamdulillah, tanah  itu kini sudah lunas, dan sekarang sedang dalam proses pembuatan sertifikat.  Sekarang nilainya… Wow jangan Tanya. Selangit. Subhanallah, Alhamdulillah. Setahun di Bungo (2010)  Alhamdulillah selain punya asset tanah, mobil pun berganti baru. Dulunya Isuzu Phanter jadul, kini ganti  Toyota Yaris. Alhamdulillah.

RUMAH

RUMAH : Rumah yang kini menjadi tempat tinggal kami sekeluarga di Muara Bungo.

Singkat cerita kontrakan ku pun mau habis waktunya. Kepada Allah aku memohon agar bisa pindah dari kontrakan tersebut  dan menempati rumah sendiri. Dalam pikiranku, untuk sementara cukup saja punya rumah papan di tanah yg aku beli dari ortu angkat,  yang penting rumah sendiri dari pada ngontrak. Itu pikiranku. Namun ternyata Allah Maha  Kaya, Maha segala-galanya. Aku justru diberi rumah yang cukup lumayan untuk keluarga kecilku. Tanpa harus mengelurkan uang dulu, aku sudah bisa punya rumah. Alhamdulillah, 25 Juni 2011 kami pindah ke rumah baru. Tidak lagi ngontrak.
Alhamdulillah.
Aktivitasku terus berjalan. Namun semakin hari, aku betul-betul semakin sibuk dengan kegiatan social di LPS (Lembaga Pondok Sedekah) yang aku dirikan bersama teman-teman. Sebagai wadah tempat kami menyalurkan sedekah, agar lebih terorganisir dan dapat disalurkan sesuai dengan harapan.
Januari 2012, akhirnya aku putuskan untuk menjadi Master Stokis E-Miracle wilayah Provinsi Jambi. Meski sampai sekarang belum ada kepastian, namun langkah dan upaya itu sudah aku kerjakan. Saya begitu semangat untuk bisa menjadi pemegang produk E-Miracle. Bukan sekedar profit. Tapi, karena 70 % keuntungan  perusahaan dari penjualan Miracle Water dialokasikan untuk pembibitan penghafal Al Quran. Subhanallah, inilah yang saya kejar. Saya ingin sekali ikut ambil bagian sebagai donator. Caranya yah ikut membantu membesarkan E-Miracle.
Ya Allah, jika Engkau meridhoi aku menjadi  Master Stokis E-Miracle wilayah Provinsi Jambi, akupun tidak bisa menolaknya. Tapi jika engkau tidak Ridho, sebaiknya hindarkan aku dari bisnis tersebut. Cukuplah aku berdakwah saja dengan E-Miracle bersama Ust Yusuf  Mansur. Tapi jika aku bisa menggapai kedua-duanya,  berbisnis untuk kemaslahatan keluarga dan orang-orang sekitarku, sembari sambil berdakwah, alangkah indahnya Ya Allah.  Kabulkan ya Allah cita-cita hamba yang terindah dari lubuk hati ini.  
Awal Maret 2012 saya mulai melakukan pembicaraan serius dengan kakak sepupu Kemas Erwin alias Jangcek, untuk menggarap pupuk di Jambi Wilayah Barat. Yah saya menyetujui sebagai penyalur tungggal pupuk Agritama Plus di Jambi Wilayah Barat. Saya langsung mengungkapkan niat, akan membelah hasil saya 50 % untuk membangun panti asuhan. Yah, jika kelak pupuk yang saya distribusikan memberikan keuntungan financial untuk saya, maka 50 %-nya akan saya sedekahkan untuk membangun panti asuhan. Separuhnya lagi untuk kehidupan saya dan keluarga.

RM AYAM GORENG DARUL FALAH

RM AYAM GORENG DARUL FALAH JL 31 UNIT 1 RIMBO BUJANG, KABUPATEN TEBO, PROVINSI JAMBI

LOUNCHING : HARI PERTAMA DI RM AYAM GORENG DARUL FALAH JL 31 UNIT 1 RIMBO BUJANG, KABUPATEN TEBO, PROVINSI JAMBI

Minggu 18 Maret 2012, saya dan Ust Amin Zubaedi resmi melakukan kerjasama dalam hal usaha kuliner. Kami membuka usaha Rumah Makan (RM) Ayam Goreng Darul Falah di kawasan JL 31 Unit 1 Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Saya bertindak sebagai investor, sedangkan Ust Amin Zubaedi sebagai pengelola. Sayapun meniatkan diri untuk membelah hasil yang akan saya dapat dari RM Ayam Goreng Darul Falah ini. 50 % penghasilan saya dari bisnis ini akan saya sedekahkan melalui LPS (Lembaga Pondok Sedekah). Separuhnya lagi untuk kehidupan saya dan keluarga.
Kepada Allah saya memohon ampun, bahwa tulisan saya ini bukan ingin riya, takabur, atau ujub. Tapi semata-mata untuk menjadi bahan motifasi  bagi pembaca. Karena percepatan yang selama ini terjadi pada diri saya tak terlepas dari izin Allah, diantaranya mungkin melalui jalan SEDEKAH. Karena janji Allah, jika kita bersedekah satu akan dibalas minimal 10 kali lipat. Allah tidak akan pernah bohong. Yakinlah Allah tidak akan pernah ingkar. Kitanya saja yang kurang percaya. Silahkan coba dari sekarang untuk meringankan tangan membantu orang lain. “Hidup ini terasa indah bila bermanfaat bagi orang lain”.

Selain itu, tulisan ini juga sengaja saya tulis sebagai bahan PENGINGAT untuk diri  saya sindiri, jika kelak saya lupa akan janji dan niat saya ini. ”Ya Allah lancarkan seluruh usaha saya. Sukseskan saya dunia akhirat, bahagiakan saya dunia akhirat. Jadikanlah saya orang kaya dunia akhirat. Ya Rahman, kabulkan seluruh doa saya”(***)

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

